Profile

Join date: Oct 11, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Dalam dunia kelistrikan, kabel mampu dibilang punyai peran yang sangat penting. Karena jikalau tidak ada kabel, maka arus listrik tidak mampu dihantarkan pada jaringan, bukan? Dan secara otomatis tentu saja banyak ragam alat elektronik pun tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Kabel terdiri berasal dari 2 lapisan, yakni susunan konduktor yang berguna sebagai penghantar listrik dan juga susunan isolator yang berguna untuk merawat konduktor.


Dimana isolator ini tak hanya berguna untuk merawat kabel, termasuk berguna untuk merawat manusia. Jadi kala kami memegang kabel, maka bakal tetap aman tanpa resiko tersetrum.


Di pasaran, Anda mampu menemukan macam-macam kabel. Dimana kabel-kabel selanjutnya dibuat dengan variasi bentuk, ukuran dan manfaat yang berbeda-beda.


Mari segera saja kami lihat banyak ragam jenis kabel listrik lengkap dengan spesifikasinya di bawah ini.


1. Kabel NYM

Jenis kabel NYM merupakan kabel yang punyai 1, 2, 3 hingga dengan 4 inti. Kabel ini terdiri berasal dari konduktor dan termasuk 2 susunan isolator yang terbuat berasal dari bahan PVC. Karena punyai 2 susunan isolator, maka NYM dianggap punyai tingkat keamanan yang memadai baik.


Pemakaian berasal dari kabel selanjutnya termasuk memadai bervariasi. Namun umumnya, kabel NYM banyak digunakan untuk instalasi skala kecil layaknya gedung dan perumahan.


Tidak cuma itu saja, kabel jenis NYM termasuk mampu dipakai untuk instalasi yang terletak pada lingkungan kering maupun basah. Namun, kabel selanjutnya tidak direkomendasikan untuk ditanam di dalam tanah sebab instalasinya dianggap tidak cukup aman untuk pengguna.


2. Kabel NYA

Selanjutnya, ada termasuk jenis kabel NYA. Dimana Kabel jenis NYA ini kebanyakan punyai inti tunggal dan juga punyai susunan pelindung yang terbuat berasal dari bahan PVC.


Kabel jenis NYA punyai ukuran yang memadai kecil dan tipis, yakni dibuat dengan ukuran 1,5 mm dan termasuk 2,5 mm. Untuk peruntukannya sendiri kabel ini biasa digunakan untuk instalasi listrik di area perumahan.

Kabel NYA tergolong punyai harga yang murah. Namun sebab cuma punyai satu susunan pelindung, NYA dianggap punyai tingkat keamanan yang kurang. Itulah mengapa pemakaiannya memerlukan perhatian ekstra.


3. Kabel NYY

Kabel NYY merupakan kabel yang punyai inti lebih berasal dari satu. Jadi, kabel selanjutnya punyai 2, 3, atau 4 inti di dalamnya. Dibanding kabel NYM, jenis NYY punyai susunan isolator dengan kemampuan yang memadai memadai.


Jadi, jenis kabel yang satu ini punyai susunan pelindung lebih berasal dari satu agar tingkat keamanannya pun jadi jauh lebih kuat.


Selain itu, susunan pelindung kabel selanjutnya termasuk terbuat berasal dari bahan yang tidak disukai tikus. Hal ini menyebabkan tingkat atau potensi kerusakannya jadi relatif rendah.


Kabel NYY termasuk lazim digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk instalasi kabel yang ditanam di dalam tanah.


4. Kabel NYAF

Selanjutnya, ada termasuk jenis kabel yang punyai seri NYAF. Dimana kabel NYAF punyai tingkat fleksibilitas yang terbilang memadai tinggi. Hal ini sebab komponennya dibuat dengan konduktor berasal dari tembaga berserabut.

Sebagai kabel yang punyai inti tunggal dan juga cuma memakai satu susunan isolator, kabel NYAF termasuk dianggap punyai tingkat keamanan yang tidak cukup memadai.


5. Kabel NYMHY

Kabel NYMHY punyai lebih berasal dari satu inti dan termasuk punyai susunan isolator yang berlapis-lapis. Jadi kabel ini punyai 3 bagian, yakni susunan inti, susunan pelindung dalam dan termasuk susunan isolator sebagai pelindung luar.


Kabel NYMHY kebanyakan digunakan untuk instalasi listrik di area perumahan warga. Kabel selanjutnya penggunaannya termasuk memadai fleksibel sebab mampu dibongkar dan dipasang sesuai kebutuhan.


Baca juga: https://websitebro.onweb.it/it/kenali-perbedaan-kabel-indoor-dan-outdoor/

Overview
First Name
Wilson
Last Name
Cables
 

Jenis Jenis Kabel

More actions